SEJARAH KELAHIRAN ILMU KALAM

Oleh: Rasyid Rizani, S.HI., M.HI

(Hakim pada Pengadilan Agama Bajawa)

 Abstrak

Benih-benih tumbuhnya aliran dalam teologi Islam sudah mulai muncul sejak pemerintahan khalifah Utsman bin Affan ra. Tindakan-tindakan beliau dalam bidang politik yang mengangkat keluarga dekat sebagai pejabat penting dalam lingkungan pemerintahan Islam telah menimbulkan atau melahirkan golongan-golongan yang tidak senang terhadap beliau. Dan pada puncaknya yaitu terjadi pemberontakan-pemberontakan seperti yang dilakuakn oleh pemberontak dari Mesir yang mengepung rumah Sayyidina Utsman sehingga dalam pengepungan itu mereka berhasil membunuh khalifah yang ketiga sekaligus menantu Rasulullah SAW ini.

Setelah khalifah Utsman wafat, maka diangkatlah Ali bin Abi Thalib sebagai pengganti beliau. Di masa Ali ini muncul beberapa orang yang tidak senang terhadap beliau seperti Mu’awiyah yang memfitnah beliau terlibat dalam pembunuhan khalifah Utsman, karena tindakan Ali yang tidak menghukum Muhammad bin Abi Bakr salah seorang pembunuh Utsman, bahkan beliau mengangkatnya sebagai Gubernur Mesir.

Dan pada akhirnya terjadilah perang di antara Ali dan Mu’awiyah yang dimana pada perang itu Mu’awiyah berhasil membuat tipu muslihat dengan mengadakan arbitrase (perjanjian damai). Akibat perjanjian inilah, maka muncul golongan yang tidak suka terhadap tindakan Ali yang menyetujui perjanjian itu dan kemudian golongan ini keluar dari barisan Ali dan menganggap Ali telah murtad, golongan ini dikenal dengan nama Khawarij.

Setelah golongan ini muncul, maka bermunculan lagi golongan-golongan yang lain seperti Murji’ah dan Mutazilah.

Ketiga golongan inilah yang disebut golongan pertama yang muncul dalam teologi Islam yang pada perkembangan selanjutnya golongan ini terpecah lagi menjadi beberapa sekte atau aliran.

SELENGKAPNYA DOWNLOAD DI SINI