PERTANYAAN:

Selamat pagi saya ingin menanyakan masalah yang sedang saya hadapi..
Masalah yang saya hadapi adalah Saya mengalami kecelakaan pada saat mengemudikan kendaraan test drive..
Saya disuruh ganti rugi penuh atas kejadian yang saya hadapi dengan situasi kendaraan saya dijadikan jaminan..
Pertanyaan saya apakah calon konsumen bertanggung jawab sepenuhnya terhadap resiko pada saat menguji kendaraan?
Menurut saya pihak dealer tidak bisa melimpahkan seluruh kesalahan pada calon konsumen..
Terimakasih atas bantuannya.. tolong jika memungkinkan beri balasan melalui email.. karena saya sangat membutuhkan penerangan atas masalah saya ini.. terima kasih banyak..

Salam..
Daniel..

JAWABAN:

Saudara penanya yang kami hormati.
Terima kasih sebelumnya telah berkunjung ke website kami.
Membaca dari kasus yang saudara ceritakan, karena tidak ada penjelasan lebih lanjut, apakah dalam tes drive tersebut ada semacam perjanjian tes drive atau ada suatu peraturan di dealer tersebut tentang tes drive, mak kami dapat memberikan jawaban secara umum saja. Kecelakaan adalah suatu musibah yang setiap orang tentu tidak menghendakinya, akan tetapi apabila kecelakaan tersebut melibatkan barang milik orang lain dikarenakan sebab sebut saja si A, maka si A tentu tidak lepas dari tanggung jawab.
Dalam permasalahan yang saudara hadapi, apabila ada perjanjian tentang tes drive tersebut antara pihak dealer dengan anda, maka tanggung jawab saudara sebagai konsumen terhadap kendaraan yang mengalami kecelakaan tersebut, kembali kepada isi perjanjian, apakah akan ditanggung sepenuhnya oleh calon konsumen ataukah ditanggung bersama antara dealer dengan konsumen dengan pembagian tanggung jawab terhadap kendaraan tersebut. Apabila tidak ada, maka dapat dilihat dari peraturan atau semacamnya yang diatur dalam standar operasional pekerjaan pada dealer tersebut.

Demikian jawaban dari kami.
Atas kesalahan dan kekurangannya, kami mohon maaf
Semoga bermanfaat
Wassalam
Admin