PERTANYAAN:

Apakah hukum sekiranya saya menyanyi lagu berkenaan hari natal, tetapi saya menyanyi bukan untuk meraikan hanya menyanyi sekadar suka-suka sahaja. Apakah hukum bagi pertanyaan di atas?
Sekian, terima kasih.

JAWABAN:

Saudari penanya yang kami hormati.
Terima kasih sebelumnya telah berkunjung ke website kami.

Tentang hukum bernanyi secara umum, terdapat perbedaan pendapat para ulama. Ada yang membolehkan dan ada yang mengharamkan dengan dalil-dalil masing-masing. Untuk hal tersebut telah banyak artikel artikel yang membahas tentang dalil yang mengharamkan dan dalil yang membolehkan. Dapat di search sendiri di google atau di buku buku yang berkaitan dengan hal tersebut.

Pada kesempatan ini, kami fokus kepada tentang hukum orang muslim menyanyikan lagu natal. Dari berbagai pendapat tersebut dapat dipahami bahwa nyanyian ada yang diharamkan, dan ada yang dihalalkan.

  1. Nyanyian haram didasarkan pada dalil-dalil yang mengharamkan nyanyian, yaitu nyanyian yang disertai dengan kemaksiatan atau kemunkaran, baik berupa perkataan (qaul), perbuatan (fi’il), atau sarana (asy-yâ’), misalnya disertai khamr, zina, penampakan aurat, ikhtilath (campur baur pria–wanita), yang berkaitan dengan aqidah (memuji selain Allah yang berbau syirik) terlebih lagi sampai menjiwai syair-syairnya atau syairnya yang bertentangan dengan syara’, misalnya mengajak pacaran, mendukung pergaulan bebas, mempropagandakan sekularisme, liberalisme, nasionalisme, dan sebagainya.
  2. Nyanyian halal didasarkan pada dalil-dalil yang menghalalkan, yaitu nyanyian yang kriterianya adalah bersih dari unsur kemaksiatan atau kemunkaran. Misalnya nyanyian yang syairnya memuji sifat-sifat Allah SWT, mendorong orang meneladani Rasul, mengajak taubat dari judi, mengajak menuntut ilmu, menceritakan keindahan alam semesta, dan semisalnya

Saran kami : sebaiknya lagu-lagu yang bertentangan dengan aqidah seorang muslim dihindari, lebih baik melantunkan syair-syair yang memuji kebesaran Allah dan keteladanan Rasul-Nya.

Demikian jawaban dari kami.
Atas kesalahan dan kekurangannya, kami mohon maaf
Semoga bermanfaat

Wassalam
Admin